Ahmad Basarah PDIP Bicara Soal Metaverse

Rabu, 13 Juli 2022 – 22:59 WIB
Ahmad Basarah PDIP Bicara Soal Metaverse - JPNN.com Jatim
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah ketika mengisi seminar di ITN Malang. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Kemajuan teknologi informasi yang makin pesat membuat negara harus menyesuaikan. Perkembangan tersebut tumbuh secara universal dan kampus memiliki peran yang sangat besar untuk mengoptimalkannya.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Ahmad Basarah menyatakan dalam sebuah seminar di Institute Teknologi Nasional (ITN) Malang bahwa negara dipastikan tidak bisa membendung datangnya tsunami perkembangan kemajuan teknologi informasi.

Dalam seminar tersebut, dia juga membahas tentang Metaverse yang sekarang telah berkembang sangat baik.

"Kemajuan teknologi metaverse suatu bentuk perubahan yang tidak mungkin negara hindari karena itu kampus harus menjadikan perkembangan informasi mendatangkan manfaat untuk negara dan bangsa," ucapnya Rabu, (13/7).

Dampak kemajuan teknologi informasi pasti ada, seperti banyaknya berita palsu dan menyesatkan. Peran akademisi dan kampus meluruskan yang salah tersebut.

"Tantangannya adalah bagaimana peran kampus membuat negara dan bangsa tidak terombang-ambing dengan kemajuan teknologi informasi," tuturnya.

Tidak sedikit dari beberapa oknum memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kepentingan terselubungnya sehingga masyarakat harus cerdas membedakan sesuatu yang positif dan negatif.

Kepala Pusat Riset Kecerdasan Buatan dan Keamanan Siber BRIN RI Anto Satriyo Nugroho menyebut metaverse membuka peluang akses seluas-luasnya di dunia digital.

Dampak kemajuan teknologi informasi pasti ada, seperti banyaknya berita palsu dan menyesatkan. Peran akademisi dan kampus meluruskan yang salah tersebut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News