Pelari Maraton di Gunung Arjuno yang Hilang Sempat Kirim Pesan SOS, Diduga Kelelahan

Selasa, 05 Juli 2022 – 17:29 WIB
Pelari Maraton di Gunung Arjuno yang Hilang Sempat Kirim Pesan SOS, Diduga Kelelahan - JPNN.com Jatim
Para relawan dan Tim Basarnas ketika berada di Pos Pendakian Gunung Arjuno dan Welirang pada Selasa (5/7). Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, MALANG - Peserta lari yang dilaporkan hilang di Gunung Arjuno belum ditemukan hingga Selasa (5/7). Proses pencarian terkendala faktor cuaca yang terus berubah-ubah.

Sebelum dinyatakan hilang, pelari asal Jakarta Utara bernama Yurbianto (46) itu, sempat mengirim pesan SOS (save our souls) atau suatu tanda morse pada Minggu (3/7) dini hari.

Komandan Tim Basarnas Surabaya Andrias Pramudia Kusuma mengatakan pesan SOS tersebut dikirim di Cemorosewu atau di atas Alas Lalijiwo.

"Mulai pagi tadi, SRU (Search and Rescue Unit) gabungan dari Basarnas dan relawan berangkat dari pos dua menuju titik koordinat sinyal SOS dikirim. Lokasinya di kawasan Cemorosewu," kata Andrias.

Dari sinyal yang dikirimkan itu, tim SAR langsung melakukan pencarian terhadap korban dan menyisir beberapa lokasi. Beberapa relawan lainnya menunggu di Posko Wonorejo untuk berbagi tugas.

Dalam proses pencarian dari posko kedua pendakian menuju Alas Lalijiwo membutuhkan waktu sekitar enam sampai tujuh jam dari pos kedua pendakian.

"Butuh waktu enam sampai tujuh jam perjalanan hingga sampai titik koordinat SOS dikirim. Kami belum ada kabar terbaru dari SRU yang bergerak ke lokasi karena kendala sinyal," terangnya.

Pesan SOS tersebut dikirimkan korban sekitar pukul 00.30 WIB. Peserta lari tersebut diduga kondisinya sudah kelelahan.

Peserta lari maraton yang dilaporkan hilang sempat mengirimkan pesan SOS di Alas Lalijiwo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News