12.319 Ekor Sapi Perah di Kabupaten Malang Divaksin PMK

Minggu, 03 Juli 2022 – 22:29 WIB
12.319 Ekor Sapi Perah di Kabupaten Malang Divaksin PMK - JPNN.com Jatim
Pihak petugas dari dokter hewan, peternak dan polisi ketika melakukan penyuntikan kepada sapi perah yang berada di Tumpang Malang. Foto: Source Humas Polres Malang for jpnn.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi gencar dilaksanakan di Kabupaten Malang. Sejauh ini, sudah ada 12.319 ekor sapi perah yang tervaksinasi.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemkab sampai tingkat Muspika dalam percepatan penyaluran vaksinasi.

"Diketahui sebanyak 12.319 ekor hewan ternak di wilayah Kabupaten Malang telah mendapatkan vaksin PMK," tuturnya, Minggu (3/7).

Dia juga mengatakan jumlah tersebut akan bertambah seiring distribusi vaksin menyebar ke daerah-daerah, terutama kawasan penghasil susu.

Daerah-daerah sentra penghasil susu yang produktif di Kabupaten Malang, seperti Kecamatan Ngantang, Kasembon, Pujon, Tumpang, dan Poncokusumo.

"Para peternak juga diharapkan bisa menjaga kebersihan kandang setiap waktu," katanya.

Pemerintah menetapkan lima kunci menghindari PMK, yakni memberikan vaksin ternak sehat, menjaga sanitasi dan biosekuriti kandang hewan ternak, dan membatasi lalu lintas ternak dan produknya.

Berikutnya, mengisolasi ternak yang sakit juga yang baru, dan melaksanakan stamping out (pemusnahan) ternak yang sakit PMK di area bebas PMK. (mcr26/jpnn)

Belasan ribu ekor sapi perah di Kabupaten Malang telah mendapatkan suntikan vaksin PMK.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News