Tangkal Hoaks, Tom Liwafa dan Polda Jatim Beri Contoh Warganet Cara Bijak Bermedsos

Kamis, 23 Juni 2022 – 22:33 WIB
Tangkal Hoaks, Tom Liwafa dan Polda Jatim Beri Contoh Warganet Cara Bijak Bermedsos - JPNN.com Jatim
Deklarasi antihoaks Polda Jatim bersama warganet. Foto: Humas Polda Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bidang Humas Polda Jatim menggelar deklarasi antihoaks bersama warganet (netizen) di Hotel Vasa, Surabaya.

Hal tersebut dilakukan pihak kepolisian untuk mengajak masyarakat bijak dalam bermain media sosial agar tidak menyebar berita hoaks.

Acara tersebut berlangsung selama tiga hari sejak 21-23 Juni 2022 mengusung tema Melalui Penguatan Komunikasi Publik Kita Wujudkan Kinerja Sesuai Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab Sehingga Bangkit.

Kegiatan itu diikuti 201 peserta terdiri dari personel Bid Humas Polda Jatim, Kasi Humas Polres Jajaran, masyarakat yang memiliki follower banyak di media sosial, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Tangkal Hoaks, Tom Liwafa dan Polda Jatim Beri Contoh Warganet Cara Bijak Bermedsos

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan dinamika perkembangan teknologi komunikasi yang berjalan pesat adalah media sosial sehingga kejadian di dunia maya bisa memengaruhi dunia nyata.

“Bahaya terkait hoaks dapat menimbulkan persepsi maupun opini negatif, provokasi, agitasi, dan dapat menimbulkan kebencian. Netizen berperan penting memupuk persatuan menjaga kamtibmas,” tutur Nico.

Cara menangkal hoaks, kata Nico, berpikir sebelum berbagi, tidak mudah percaya, memerhatikan judul dan isi.

Influencer sekaligus Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa bersama Polda Jatim beri contoh warganet tangkal hoaks dengan bijak dalam bermain media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News