Atasi Gangguan Kesehatan Ringan Dinkes Surabaya Sosialisasi Toga dan Akupresur

Jumat, 17 Juni 2022 – 19:16 WIB
Atasi Gangguan Kesehatan Ringan Dinkes Surabaya Sosialisasi Toga dan Akupresur    - JPNN.com Jatim
Dinkes Surabaya lakukan sosialisasi Toga dan Akupresur di Kecamatan Gunung Anyar, Jumat (17/6).

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya menggelar sosialisasi dan pendampingan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresur di Kecamatan Gunung Anyar, Jumat (17/6).

Kepala Dinkes Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan pemanfaatan Toga pada gangguan kesehatan ringan adalah bisa menjadi ramuan herbal bagi calon pengantin (catin), seperti membantu memelihara kesuburan dan meningkatkan produksi ASI.

“Ramuan herbal juga meningkatkan nafsu makan, mengatasi maag, meningkatkan konsentrasi belajar, mengatasi keluhan keputihan, hingga mengurangi nyeri lutut," jelas Nanik.

Adapun Akupresur adalah salah satu jenis perawatan kesehatan yang dilakukan melalui teknik penekanan di permukaan tubuh pada titik-titik akupuntur dengan penggunaan jari atau bagian tubuh lain atau alat bantu yang ujungnya tumpul.

"Dapat dilakukan sebanyak 30 kali atau dapat diulang beberapa kali sehari," bebernya.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan Toga dan Akupresur, perlu membentuk kelompok yang terdiri dari 5-10 keluarga binaan dan dikoordinasi oleh kader Surabaya Hebat.

Naniek menjelaskan terdapat SK Walikota Surabaya tentang Tim Pembina Kelompok Asuhan Mandiri Melalui Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dan Akupresur.

Kegiatan pendampingan yang diberikan berupa penguatan ilmu dan keterampilan bagi kelompok asuhan mandiri.

anaman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresur punya banyak manfaaat loh. Simak baik-baik
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News