Alas Kaki Hilang, Telapak Kaki Calon Haji Melepuh di Tanah Suci

Selasa, 14 Juni 2022 – 21:46 WIB
Alas Kaki Hilang, Telapak Kaki Calon Haji Melepuh di Tanah Suci - JPNN.com Jatim
Ketua PPIH Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Foto: PPIH Asrama Haji Embarkasi Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua PPIH Asrama Haji Embarkasi Surabaya Husnul Maram menyebutkan salah satu calon haji kloter 1 asal Tuban telapak kakinya mengalami luka.

Hal itu disebabkan lantaran calon haji yang bersangkutan nekat berjalan tanpa alas kaki saat pulang dari Masjid Nabawi untuk kembali ke hotel.

“Informasi dari petugas kloter, ada jemaah yang kehilangan sandalnya saat keluar dari masjid. Akhirnya terpaksa jalan tanpa alas kaki sehingga telapak kakinya melepuh,” kata Husnul, Selasa (14/6).

Hal tersebut terjadi lantaran saat ini suhu cuaca di tanah suci sangatlah tinggi, berkisar pada 50 derajat celsius.

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Husnul menghimbau agar calon haji untuk selalu menjaga kesehatan selama di tanah suci.

“Suhu di sana saat ini 50 derajat celsius. Jika Bapak Ibu keluar dari kamar, jangan lupa untuk memakai alas kaki, sandal, ataupun sepatu," tuturnya.

Tak hanya itu, dia juga berpesan agar calon haji memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

"Misal kalau urine jemaah haji berwarna kuning, mohon untuk tidak keluar kamar dahulu. Jemaah haji diminta perbanyak minum air putih sampai air kencingnya bening kembali agar tidak terjadi dehidrasi," ucap Husnul. (mcr23/jpnn)

Kaki seorang calon haji melepuh saat tengah berhaji di tanah suci. Begini cerita selengkapnya.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News