Pertamina Benarkan Ada Kebocoran Pipa di Terminal BBM Tuban, Ini Tindak Lanjutnya

Selasa, 11 Juni 2024 – 08:33 WIB
Pertamina Benarkan Ada Kebocoran Pipa di Terminal BBM Tuban, Ini Tindak Lanjutnya - JPNN.com Jatim
Ratusan warga Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban mendadak meninggalkan rumah mereka, karena tak kuat menahan bau menyengat yang diduga berasal dari tangki BBM yabg bocor. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, TUBAN - PT Pertamina Parta Niaga membenarkan telah terjadi kebocoran pipa di Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Tuban pada pada Senin (10/6) dini hari. Pipa yang bocor tersebut adalah BBM jenis Pertamax.

Area Manager Communication, Relation & CSR Jatimbalinus Ahad Rahedi mengungkapkan PT Pertamina Patra Niaga melakukan gerak cepat untuk menangani kebocoran pipa tersebut.

“Langkah pertama yang dilakukan adalah memastikan dinding pengamanan mampu memagari agar rembesan tidak meluber (auto protection),” kata Ahad saat dikonfirmasi.

Kemudian dilakukan penyedotan dan penyerap minyak menggunakan vacum truk agar minyak yang keluar segera tertangani.

Lalu, untuk mengantisipasi keselamatan warga, Pertamina segera melakukan evakuasi warga Desa Tasikharjo yang berada di sekitar area kebocoran. Walakin, pemukiman warga berada di jarak yang cukup jauh dari Terminal BBM Tuban.

"Kondisi sudah berangsur membaik dan sebagian warga sudah kembali ke rumah. Penyaluran BBM ke masyarakat Tuban dan sekitarnya tetap berjalan normal dan stok dipastikan aman," ujar dia.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan Forkopimda, BPBD serta lembaga dan instansi terkait lainnya di Tuban," imbuh dia.

Saat ini, kata Ahad kondisi sudah berangsur membaik dan penyebab kebocoran masih dalam investigasi.

Langkah Pertamina atasi kebocora pipa di Terminal BBM Tuban
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News