BMKG Prediksi Potensi Hujan Turun Hingga Akhir Tahun, Waspada!

Senin, 13 Juni 2022 – 19:27 WIB
BMKG Prediksi Potensi Hujan Turun Hingga Akhir Tahun, Waspada! - JPNN.com Jatim
Banjir melanda di Jalan Pandugo Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan akan turun hingga akhir 2022 meskipun sebenarnya saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya Fajar Setiawan menerangkan akhir-akhir ini, kondisi air laut masih hangat.

Maka dari itu, hujan akan sering terjadi meskipun intensitasnya ringan hingga sedang di daratan. Adapun kondisi di laut, intensitas hujan bisa mencapai kategori sedang hingga lebat.

“Karena memang saat ini La Nina. Jadi, kami prediksi hingga akhir tahun, hujan sering terjadi meskipun musim kemarau. Sebagian besar masyarakat itu menyebutnya kemarau basah," kata dia.

Dia menjelaskan La Nina sebenarnya adalah fenomena global yang tidak hanya melanda wilayah Jawa Timur. La Nina lebih intens melanda wilayah Indonesia, terutama bagian tengah dan timur.

“Kami prediksi suhu muka laut yang menghangat itu hingga akhir tahun. Jadi, sampai akhir tahun nanti, insyaallah curah hujannya masih akan sering terjadi," katanya.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau masyarakat, terutama yang tinggal di pesisir, agar lebih meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya, saat ini, suplai uap air di wilayah Indonesia masih banyak sehingga hujan bakal sering terjadi.

Masyarakat Surabaya harap waspada. BMKG memprediksi hujan turun hingga akhir tahun 2022.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News