Surabaya Vaganza Sisakan 30 Ton Sampah, Sangat Disayangkan

Senin, 30 Mei 2022 – 11:22 WIB
Surabaya Vaganza Sisakan 30 Ton Sampah, Sangat Disayangkan - JPNN.com Jatim
Petugas DLH Surabaya membersihkan sampah usai pagelaran Surabaya Vaganza di Jalan Tunjungan, Kota Surabaya, Sabtu (28/5/2022) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Surabaya Vaganza 2022 berisi parade budaya dan pawai bunga pada Sabtu (28/5) dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-729 Kota Surabaya (HJKS) didatangi banyak pengunjung.

Pengunjung yang sangat banyak tersebut lantaran sudah dua tahun tak ada acara serupa akibat pandemi Covid-19. Namun, ada hal yang disayangkan karena menyisakan sampah sebanyak 30 ton dari acara tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan setelah acara selesai pihaknya bergerak cepat membersihkan sampah di sepanjang Jalan Tunjungan hingga Alun-alun.

Pembersihan dilakukan sejak sore dan selesai hingga malam hari.

"Petugas yang kami terjunkan sebanyak 300 personel kebersihan, ditambah dengan 18 tim patroli yang 10 personel. Total 480 personel untuk pembersihan sampah di area kegiatan Surabaya Vaganza," kata Hebi.

Menurut Hebi, DLH sudah menyediakan tempat sampah di sepanjang rute Surabaya Vaganza. Antusiasme warga membanjiri rute tersebut menimbulkan banyak sampah.

Pihaknya juga menerjunkan 12 truk dan satu mobil kompresor. Untuk satu truk menampung 2,5 ton sampah, sedangkan mobilnya menampung tujuh ton. Jika dijumlahkan mengangkut 30 ton sampah.

"Hal ini berbeda dengan dua tahun lalu, yaitu 15 truk menampung sampah yang lebih banyak berasal dari bekas hiasan bunga mobil hias," kata dia.

Antusiasme warga yang menonton Surabaya Vaganza membanjiri rute acara tersebut menimbulkan banyak sampah, berserakan juga.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News