Survei: Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya Malang Rentan Terpapar Paham Radikal

Rabu, 25 Mei 2022 – 03:51 WIB
Survei: Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya Malang Rentan Terpapar Paham Radikal - JPNN.com Jatim
Tim riset dari UB Malang ketika rilis tentang kerentanan mahasiswa baru terkait toleransi dan paham radikal. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) Malang melakukan survei kepribadian kepada mahasiswa baru mereka.

Survei tersebut berkaitan dengan tingkat toleransi terhadap perbedaan.

Kepala UPT PKM UB Muhammad Anas menjelaskan indikator yang diterapkan, yakni pemahaman tentang toleransi dan nilai nilai kemanusiaan, sikap penerimaan terhadap perbedaan, mengakui keberadaan minoritas, dan tidak memaksakan kehendak.

Begitu pula, saling menghargai sesama manusia, respons terhadap tindakan intoleransi, dan praktik toleransi.

"Jadi, mereka menaruh sikap galau atau gamang untuk membela. Terkait dengan sikap dalam merespons isu tentang minoritas mulai agama, etnis, hingga disabilitas," ucapnya, Selasa (24/5).

Menurutnya, para mahasiswa baru di Universitas Brawijaya sangat rentan terpapar paham radikal sehingga pemberian pemahaman yang toleran sejak dini penting demi membentengi mereka.

"Itu menjadi warning buat kami (dosen) untuk bisa memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar tak terpapar radikalisme dan lainnya,"tuturnya.

Pasalnya, menurut Anas, penelitian itu telah dilakukan secara ilmiah dan objektif. Lagi pula, beberapa waktu lalu UB masuk dalam 10 besar kategori kampus radikal di Indonesia.

Hasil penelitian Universitas Brawijaya (UB) Malang menyatakan mahasiswa baru mereka rentan terpapar radikalisme
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News