Heboh Varian Misteriusnya, Kenali Macam-Macam Penyakit Hepatitis dan Penularannya

Minggu, 08 Mei 2022 – 07:02 WIB
Heboh Varian Misteriusnya, Kenali Macam-Macam Penyakit Hepatitis dan Penularannya - JPNN.com Jatim
Dokter Spesialis Anak RSIA Kendangsari Merr, sekaligus Staf Divisi Infeksi Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr Soetomo, Dr Leny Kartina, SpA(K) menjelaskan cara penularan berbagai jenis hepatitis. ANTARA.Shutterstock/pri.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penyebaran virus hepatitis akut membuat kita harus waspada lantaran hingga kini penyebabnya belum diketahui pasti.

Sembari menunggu, informasi lanjutan terkait dengan virus tersebut. Ada baiknya, masyarakat juga tahu mengenai penyakit hepatitis.

Dokter Spesialis Anak RSIA Kendangsari Merr sekaligus Staf Divisi Infeksi Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr Soetomo, Dr Leny Kartina, SpA(K) menjelaskan hepatitis adalah suatu peradangan pada hati atau liver yang penyebabnya banyak hal.

Itu mungkin bisa karena infeksi, autoimun, keracunan atau hiperreaktif karena kondisi penyakit dasar lainnya misalnya infeksi berat. Akan tetapi, sebagian besar penyebab hepatitis adalah karena infeksi virus.

“Hepatitis bisa disebabkan oleh virus hepatitis A, B, C, D dan E dan ini semuanya menular. Cara penularannya berbeda-beda,” kata Dr Leny saat dihubungi, Jumat (6/5).

Kalau hepatitis A dan E, penularannya lewat fekal oral atau makanan dan alat makan yang terkontaminasi dari feses atau cairan tubuh orang yang sakit hepatitis A dan E.

"Kalau hepatitis B, C dan D itu biasanya penularan lewat parenteral atau cairan tubuh penderita, seperti darah, urine, dan cairan kelamin," imbuhnya.

Dr Leny menjelaskan penyakit hepatitis bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa.

Waspada, berikut cara penularan virus hepatitis A, B, C, D dan E sebelum munculnya varian misterius yang kini menghebohkan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News