Pasien Kuning Usia 10 Bulan Dirawat di RSU dr Soetomo, Hepatitis Akut?

Jumat, 06 Mei 2022 – 15:22 WIB
Pasien Kuning Usia 10 Bulan Dirawat di RSU dr Soetomo, Hepatitis Akut? - JPNN.com Jatim
Dokter wanita memegang jarum suntik dan menyuntikkan gelembung hepatitis. ANTARA.Shutterstock/pri.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dokter Spesialis Hepatitis RSU dr Soetomo Surabaya dr Bagus Setyobudi menyebut ada satu pasien berusia sepuluh bulan dirawat di rumah sakit setempat terjangkit sindrom jaundice akut atau penyakit kuning akut.

"Ada, tetapi sejauh ini masih kami investigasi. Usianya sepuluh bulan, kami cari dulu seperti apa, masih diawasi," kata Bagus secara daring, Jumat (6/5).

Staf gastrohepatologis anak Fakultas Kedokteran Unair itu mengatakan terkait ciri-ciri atau gejala ada pada pasien masih belum mengarah ke hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

"Sejauh ini, pasien tidak mengalami gangguan kesadaran. Bahkan, kondisinya mulai membaik dan kelihatannya masalahnya di saluran empedu," ujarnya.

Meski gejalanya tak menunjukkan hepatitis akut misterius, pihak rumah sakit tetap menempatkan pasien di ruang isolasi khusus sebagai upaya pencegahan agar tak terjadi penularan.

"Kami tak mau kecolongan, ditempatkan di ruang isolasi khusus," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jatim Erwin Astha Triyono mengimbau masyarakat untuk berhati-hati, tetapi tetap tenang.

Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti mencuci tangan pakai sabun, minum air bersih yang matang, memastikan makanan dalam keadaan bersih dan matang penuh.

Pasien berusia sepuluh bulan terjangkit sindrom jaundice atau penyakit kuning akut sedang dirawat di RSU dr Soetomo Surabaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News