Berikut Ciri-ciri Seseorang Terkena Hepatitis Akut, Waspada!

Jumat, 06 Mei 2022 – 05:35 WIB
Berikut Ciri-ciri Seseorang Terkena Hepatitis Akut, Waspada! - JPNN.com Jatim
Ciri-ciri kasus hepatitis akut misterius. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Merebaknya Hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya membuat masyarakat harus waspada.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya Naniek Sukristina membeberkan ciri-ciri anak yang terjangkit virus tersebut.

Utamanya anak akan mengalami penurunan kesadaran, demam tinggi, muncul perubahan warna urine (gelap) atau feses pucat, jaundice (perubahan warna kekuningan pada kulit, mata, dan membran mukosa), dan pruritus (gatal pada kulit).

"Ciri lain adalah arthralgia atau myalgia (nyeri sendi atau pegal-pegal, mual, muntah atau nyeri perut. Selain itu, lesu atau hilang nafsu makan, dan diare," beber Naniek, Kamis (5/5).

Apabila ciri-ciri tersebut terdapat pada anak maka orang tua segera membawanya ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat untuk dilakukan penanganan dari tim medis.

"Jangan panik, tetap tenang sembari membawa ke fasyankes. Diharapkan melapor ke puskesmas di wilayah tempat tinggal untuk selanjutnya dilakukan investigasi," ujarnya.

Naniek menyebut sampai saat ini belum diketahui secara pasti bahaya penyakit itu, mengingat masih dalam tahap investigasi WHO.

Berdasarkan laporan dari WHO, sampai saat ini kasus Hepatitis akut ditemukan pada anak usia satu bulan sampai dengan 16 tahun.

Jika ditemukan ciri-ciri ini pada anak, segera bawa ke Fasyankes terdekat
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News