Polisi Beber Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya, Human Error?

Minggu, 01 Mei 2022 – 18:38 WIB
Polisi Beber Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya, Human Error?    - JPNN.com Jatim
Kondisi cinema XXI di Tunjungan Plaza 5 yang belum beroperasi pasca kebakaran. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polrestabes Surabaya bersama tim Labfor Polda Jatim usai menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 5 pada 13 April lalu.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana mengungkapkan dari hasil penyelidikan, kobaran api tersebut karena adanya korsleting listrik.

“Percikan api berasal dari atap atau plafon di garden bioskop cinema XXI (ruang terbuka),” kata AKBP Mirzal, Minggu (1/5).

Percikan api itu pertama kali diketahui oleh salah satu karyawan bioskop XXI bernama Budi yang saat itu sedang istirahat di tempat tersebut.

“Mengetahui adanya api, karyawan tersebut berusaha untuk memadamkan api dengan menggunakan APAR dan hydrant,” katanya.

Sayangnya, api tak kunjung padam, justru makin membesar lantaran tiupan angin yang kencang di area garden bioskop cinema XXI tersebut.

“Api merembet ke lantai 4,5,6,7,8,9,10, dan 11. Tak selang beberapa lama, ada petugas PMK datang ke lokasi dan kemudian sekitar pukul 21.00 WIB, api berhasil dipadamkan,” katanya.

AKBP Mirzal menjelaskan sumber api dipicu dari akumulasi panas (heat accumulation) sehingga terjadinya hubungan longgar listrik.

Begini kepastian dari polisi soal penyebab kebakaran Tunjungan Plaza 5 dan soal indikasi human error.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News