Situs Belanja Online Pemkot Surabaya Banjir Pelanggan, Perputaran Duitnya Wow!

Minggu, 01 Mei 2022 – 11:35 WIB
Situs Belanja Online Pemkot Surabaya Banjir Pelanggan, Perputaran Duitnya Wow! - JPNN.com Jatim
Salah satu pelaku UMKM yang ikut serta memasarkan produknya di aplikasi belanja online milik Pemerintah Surabaya, e-Peken (Foto: Humas Pemkot Surabaya).

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Situs belanja online milik Pemerintah Kota Surabaya atau dikenal e-Peken mencatatkan total transaksi Rp 14,491 miliar selama Juli 2021 hingga April 2022.

Kepala Diskominfo Surabaya Muhammad Fikser menerangkan setelah e-Peken dibuka untuk umum (go public) per 1 April 2022, banyak warga Kota Pahlawan membeli kebutuhan pokok melalui situs belanja itu.

Dia menerangkan sebelumnya e-Peken hanya bisa diakses oleh ASN Pemkot Surabaya. Seiring banyaknya permintaan masyarakat, akhirnya dibuat agar masyarakat umum turut bisa mengakses.

"Siapa saja bisa mengakses untuk berbelanja produk-produk UMKM dan toko kelontong Surabaya," kata dia.

Menurut dia, dibukanya e-Peken untuk umum itu upaya dari pemkot untuk meningkatkan perekonomian dan ekonomi kerakyatan di Kota Pahlawan.

Langkah itu sejurus dengan visi-misi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam memulihkan perekonomian dan ekonomi kerakyatan pada 2022 setelah berjibaku melawan Covid-19.

Per 1 April 2022, total ada 1.737 merchant atau pedagang resmi yang terdaftar di situs e-Peken Surabaya.

Dari jumlah tersebut, di antaranya ada 820 toko kelontong, 751 UMKM, 165 sentra wisata kuliner (SWK) dan satu perusahaan daerah rumah daging.

Adapun total transaksi selama Juli 2021 - April 2022 mencapai Rp 14,491 miliar.

Total transaksi e-Peken, situs belanja rintisan Pemkot Surabaya sudah mencapai angka yang fantastis. Simak selengkapnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News