Dear Pemudik di Jatim, Hindari Kawasan Rawan Banjir dan Longsor, Berikut Titik-titiknya

Jumat, 15 April 2022 – 17:28 WIB
Dear Pemudik di Jatim, Hindari Kawasan Rawan Banjir dan Longsor, Berikut Titik-titiknya - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto : Humas Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Dinas PU Bina Marga Jatim telah memetakan lokasi rawan bencana.

Menurutnya, ada beberapa daerah yang rawan terjadi banjir dan longsor yang harus diwaspadai oleh pemudik.

"Untuk daerah rawan banjir, seperti di wilayah perbatasan Kota Bojonegoro-Pajeng di Kabupaten Bojonegoro, Pakah-Ponco di Kabupaten Tuban," ujar Khofifah, Jumat (15/4).

Selanjutnya, Arjosari-Purwantoro di Kabupaten Pacitan, batas Kabupaten Situbondo dan batas Kota Bondowoso, Jalan Trunojoyo di Kabupaten Ponorogo, Jalan Imam Bonjol, dan Sampang-Omben di Kabupaten Sampang.

Sementara untuk lokasi rawan longsor, Khofifah menyampaikan, di antaranya bisa terjadi di wilayah Babat sampai batas Kabupaten Jombang, Jalan Raya Cangar dan Jalan Trunojoyo di Kota Batu, batas Kota Magetan-Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Arjosari-Purwantoro di Kabupaten Pacitan.

“Dengan letak geografis Jawa Timur yang memiliki banyak pegunungan dan dataran tinggi, terdapat wilayah yang rawan terjadi longsor. Seperti di Pacitan, Ponorogo, Pasuruan, Bondowoso dan Situbondo," jelasnya.

Untuk itu, Khofifah meminta pemudik berhati-hati saat melewati jalan tersebut. Dia juga meminta untuk dipasang rambu-rambu peringatan di daerah yang rawan longsor.

"Kami terus memastikan jalan milik provinsi dalam kondisi baik untuk dilewati pemudik, serta melakukan antisipasi daerah rawan bencana dan kesiapan personil dan alat berat," tandas Khofifah. (mcr23/jpnn)

Masyarakat Jatim diharapkan waspada saat mudik lebaran, ini beberapa wilayah rawan banjir dan longsor.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News