Arab Saudi Buka Kuota Haji Bagi Jemaah Luar Negeri, Umur Sebegini yang Diprioritaskan

Senin, 11 April 2022 – 16:49 WIB
Arab Saudi Buka Kuota Haji Bagi Jemaah Luar Negeri, Umur Sebegini yang Diprioritaskan - JPNN.com Jatim
Ilustrasi manasik haji. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan telah menerima kuota jemaah haji sebanyak satu juta bagi negara lain.

Menanggapi hal tersebut, Kabid PHU Kanwil Kementerian Agama Jatim Abdul Haris mengatakan pihaknya masih menunggu kuota pasti yang diberikan untuk Indonesia.

"Indonesia masih belum ada konfirmasi mendapat kuota berapa, mudah-mudahan dapat banyak," kata Haris saat dikonfirmasi, Senin (11/4).

Haris menyebut pembukaan kuota satu juta jemaah dari negara lain itu diprioritaskan bagi yang berusia 65 tahun ke bawah.

"Jadi, kami masih menunggu formatnya seperti apa untuk mengaplikasikan kebijakan tersebut, termasuk soal jamaah usia 65 tahun ke bawah, semuanya masih menunggu," jelasnya

Menurutnya, calon jemaah haji tetap optimis bahwa tahun ini ada pemberangkatan. Dengan memanfaatkan masa tunggu ini, Haris meminta supaya tetap menjaga kesehatan.

"Supaya saat keberangkatan kondisinya fit, tak lupa tetap memperdalam ilmu tentang manasik haji agar menjadi haji yang mandiri dan tidak bergantung pada pembimbing. Selain itu, tetap menunggu informasi resmi dari Kementerian Agama," tuturnya.

Haris juga meminta jemaah tetap melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Kemudian, memeriksa kembali paspornya.

Kanwil Kemenag Jatim masih menunggu pembagian kuota jemaah bagi masyarakat Indonesia yang akan diberangkatkan ke tanah suci.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News