11 April Memanggil, Mahasiswa Turun ke Jalan Bawa Isu IKN dan Presiden 3 Periode

Sabtu, 09 April 2022 – 11:31 WIB
11 April Memanggil, Mahasiswa Turun ke Jalan Bawa Isu IKN dan Presiden 3 Periode - JPNN.com Jatim
Kampus Universitas Airlangga Surabaya. Foto: Dok. UNAIR

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rencana aksi besar-besaran mahasiswa bakal dilakukan pada 11 April 2022. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sedang melakukan konsolidasi terkait demo tersebut.

Ketua BEM Universitas Airlangga (Unair) Yoga Haryo Prayogo mengatakan sampai saat ini masih dilakukan pembahasan di tubuh internal dan eksternal BEM kampus.

"Termasuk juga dengan elemen eksternalnya itu BEM (kampus, red) lain dan masyarakat. Masih ada kemungkinan (demo digelar, red) maju atau mundur dari tanggal 11 April," ujar Yoga, Jumat (8/4).

Yoga belum bisa memastikan demo bakal digelar di mana. Semuanya masih menunggu hasil konsolidasi.

"Kami bakal ada konsolidasi akbar dulu. Kemudian, baru bisa menentukan timeline. Ketika (hasil konsolidasi) fix, tentu kami akan tetap memberi surat pemberitahuan aksi, bukan izin karena demonstrasi dilindungi dalam konstitusi," ungkapnya.

Aksi demo tersebut merupakan bentuk dari keresahan yang dirasakan oleh masyarakat untuk disuarakan.

"Jelas (aksi demo pada 11 April) melihat bagaimana keresahan masyarakat," ujarnya.

Ada beberapa tuntutan yang dibawa pada aksi tersebut, seperti menolak diperpanjangnya masa jabatan presiden menjadi tiga periode, peningkatan harga bahan bakar, kelangkaan minyak goreng, dan soal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Mahasiswa merencanakan aksi besar-besaran membawa keresahan masyarakat, ada isu presiden tiga periode hingga kelangkaan minyak goreng.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News