Solar di Jatim Alami Kelangkaan, Kendaraan Besar Antre, Ternyata Ini Penyebabnya

Selasa, 05 April 2022 – 22:48 WIB
Solar di Jatim Alami Kelangkaan, Kendaraan Besar Antre, Ternyata Ini Penyebabnya - JPNN.com Jatim
Tanda pemberitahuan "Solar Habis" terpasang di SPBU Rest Area KM 754 Tol Surabaya-Gempol di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (5/4/2022). Sejumlah SPBU mengalami keterlambatan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang menyebabkan antrean panjang kendaraan. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Antrean kendaraan besar terjadi di sejumlah SPBU di Jatim karena tingginya permintaan solar. Hal itu terjadi di SPBU Berbek Industri, SPBU Pakal, SPBU Diponegoro Sidoarjo, SPBU Rest Area Tol Tandes serta SPBU Margomulyo.

Bahkan, jalur menuju Rest Area Sidoarjo sempat macet di sisi kiri jalan karena banyak truk mengantre untuk menunggu pasokan solar datang, karena stok di SPBU menipis.

Section Head Communication and Relations PT Pertamina Jatim Balinus membenarkan adanya kelangkaan solar di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jatim.

Kelangkaan itu rupanya disebabkan akibat lambatnya distribusi dari Terminal BBM. Hal itu lantaran adanya optimalisasi mobil tangki dan permintaan Pertalite yang cukup tinggi ketika harga naik.

"Permintaan Pertalite kemarin cukup tinggi, sekarang kami penuhi solar. Jadi, ada jeda waktu distribusi yang cukup lama dari Terminal BBM ke SPBU," kat Arya dikonfirmasi, Selasa (5/4).

Arya memastikan stok solar di Jatim masih aman karena Pertamina Patra Niaga sebelumnya mengaktifkan pos layanan Satgas Ramadan dan Idulfitri 1443 Hijriah.

Kebutuhan solar di Jatim rata-rata tercatat 182 ribu kilo liter per bulan. Ada kenaikan dibandingkan dengan kebutuhan Januari 2022 sebesar 170 ribu kilo liter. (antara/mcr12/jpnn)

BBM jenis solar di Jatim mengalami kelangkaan, kendaraan besar sampai mengantre di sejumlah SPBU, ternyata ini penyebabnya.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News