Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah Hari Sabtu, Malam Ini Salat Tarawih

Jumat, 01 April 2022 – 21:20 WIB
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah Hari Sabtu, Malam Ini Salat Tarawih - JPNN.com Jatim
Pelaksanaan shalat tarawih di masjid SD Muhammadiyah 18 Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah pada Sabtu (2/4) besok. Hal itu ditandai dengan menggelar salat tarawih pada Jumat (1/4).

"Jadi, Muhammadiyah jauh-jauh hari sudah menetapkan bahwa awal bulan puasa itu besok hari Sabtu. Malam ini sudah mulai tarawih," ujar Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim Tahmid Masyhudi saat dihubungi.

Pihaknya mengimbau seluruh jemaah untuk bersama-sama melakukan ibadah tarawih, tadarus, dan seluruh jenis ibadah lainnya dengan sebaik-baiknya.

"Memang dulu dilarang melaksanakan tarawih. Nah, tahun ini sudah mendekati endemik maka tetap pakai masker dan cuci tangan," jelasnya..

Salah satu imbauan yang dilakukan, selain melaksanakan ibadah ramadan dengan baik adalah dengan memulai melaksanakan salat tarawih tanpa jarak shaf.

"Sudah normal (tanpa pembatasan shaf, red). MUI juga sama, beberapa hari lalu (memperbolehkan, red) kalau salat tak pakai jarak," tandas Tahmid.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan Maklumat Nomor 01/MLM/1.0/E/2022 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah

Berikut penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah oleh Muhammadiyah:

Umat Muhammadiyah menggelar salat tarawih pada Jumat malam tanda 1 Ramadan 1443 Hijriah.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News