Bu Khofifah Minta Bantuan Masyarakat Mencari Penderita TBC, Penting Katanya

Jumat, 25 Maret 2022 – 12:34 WIB
Bu Khofifah Minta Bantuan Masyarakat Mencari Penderita TBC, Penting Katanya - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Foto : Humas Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak semua lapisan masyarakat untuk berperan aktif menemukan lebih banyak penderita Tuberkulosis (TBC).

Berdasarkan data yang dia dapat menyebut pada tahun 2021, provinsi Jatim menjadi peringkat ketiga nasional dengan jumlah kasus penderita TBC terbanyak, yaitu 43.268 jiwa.

“Angka tersebut masih 45,08 persen dari estimasi kasus yang harus ditemukan,” kata Khofifah dalam peringatan Hari TBC Sedunia (HTBS), Kamis (24/3).

Artinya, sekitar 50 ribuan penderita TBC belum berhasil ditemukan dan diobati sehingga berpotensi menularkan ke orang di sekitarnya.

Menurutnya, TBC bisa dicegah dan diobati. Mantan Mensos itu berpesan agar jangan ragu memeriksakan diri ke dokter jika merasakan gejalanya.

"TBC harus dieliminasi karena mudah menular serta pengobatannya tidak mudah dan murah," ucapnya

Tahun lalu, angka keberhasilan pengobatan kasus TBC per kabupaten kota di Jatim adalah 89,12 persen dari target 90 persen.

“Terus meningkatkan angka keberhasilan pengobatan TBC sangat penting karena kasus TBC yang tidak tuntas pengobatannya dapat memicu peningkatan kasus TBC resisten obat,” tuturnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak semua lapisan masyarakat untuk berperan aktif menemukan lebih banyak penderita TBC.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News