Kemah di IKN Bareng Jokowi, Gubernur Khofifah Bawa Tanah dan Air 'Majapahit'

Senin, 14 Maret 2022 – 10:10 WIB
Kemah di IKN Bareng Jokowi, Gubernur Khofifah Bawa Tanah dan Air 'Majapahit' - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengambil tanah Kedaton dan air dari sumber mata air Banyu Panguripan di Desa Pakis, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto ke IKN Nusantara, Sabtu (12/3). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim.

jatim.jpnn.com, MOJOKERTO - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bakal membawakan tanah kedaton atau kerajaan dan air dari sumber mata air Banyu Panguripan di Desa Pakis, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Tanah dan air itu akan dibawa pada agenda kemah bersama Presiden Jokowi di IKN pada 13-14 Maret 2022," kata Khofifah tertulis, Sabtu (12/3), malam.

Pada saat prosesi pengambilan air sumur di Sumur Upas, Gubernur Khofifah mengambil air yang kemudian diletakkan di gentong. Gentong itu berisi air serta siwur di atas bibir Sumur Kedaton yang selanjutnya diisikan ke dalam kendi.

Gubernur Khofifah lantas menuju tempat prosesi pengambilan tanah berjarak 10 meter dari tempat pengambilan air di Kecamatan Trowulan itu. Seluruh prosesi pengambilan air dan tanah tersebut diawali dengan pembacaan doa dari penjaga situs maupun candi.

Usai pelaksanaan prosesi, Khofifah menyampaikan bahwa air dan tanah dari Bumi Majapahit itu memiliki nilai sejarah yang cukup besar.

"Di mana Nusantara merupakan bagian dari Sumpah Palapa yang diikrarkan oleh Mahapatih Gajahmada," ucap dia.

Menurut dia, dari berbagai referensi disampaikan bahwa "nusa" mengandung arti pulau kemudian "antara" artinya luar. Jika itu disimpulkan menjadi sebaran dari pulau-pulau yang berjumlah banyak, tetapi bisa dipersatukan oleh Kerajaan Majapahit.

Pada prosesi "Mendhet Tirto lan Siti" di Kawasan Sumur Upas Candi Kedaton, Trowulan, Mojokerto, Sabtu (12/3), Khofifah didampingi Bupati Mojokerto Ikhfina, Wali Kota Mojokerto Ita Puspitasari, para budayawan, serta para sejarawan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bakal membawakan tanah dan air Kedaton Majapahit, simak makna filosofinya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News