Penggalian Situs Kumitir Peninggalan Majapahit Bakal Kembali Dimulai

Senin, 06 September 2021 – 22:07 WIB
Penggalian Situs Kumitir Peninggalan Majapahit Bakal Kembali Dimulai - JPNN.com Jatim
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meninjau kegiatan ekskavasi Situs Kumitir. (ANTARA/HO-Pemkab Mojokerto/IS)

jatim.jpnn.com, MOJOKERTO - Pelaksanaan penggalian (ekskavasi) tahap ketiga situs Kumitir di Mojokerto, Jawa Timur dimulai pada 6 hingga 28 September 2021.

Penggalian tersebut merupakan kerja sama antara Pemkab Mojokerto, BPCB Trowulan, dan para akademisi di bidangnya.

"Kami berpesan supaya aktivitas pembangunan di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo dilakukan secara hati-hati guna mendukung ekskavasi," kata Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Senin.

Dia menyampaikan kehati-hatian itu perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi sebab para arkeolog banyak yang meyakini akan ada temuan baru yang mungkin terjadi di sana ke depan.

Bupati pun menyebut situs Kumitir sebagai masa depan yang cerah bagi Mojokerto. Dengan begitu, akan menambah daftar penemuan baru dan pembuktian budaya Majapahit.

"Saya pesan kepada pak kades di sana bahwa ada temuan situs Kumitir yang sangat berharga. Karena bisa jadi masih ada yang belum ditemukan," ujar dia.

Berdasarkan beberapa sumber, para arkeolog meyakini bahwa situs seluas enam hektare tersebut merupakan bagian dari jejak arkeologis Kerajaan Majapahit, yakni Istana Raja (Bhre) Wengker.

Raja Wengker menurut sejarah, adalah menantu pendiri Majapahit Raden Wijaya sekaligus paman Hayam Wuruk.

Pelaksanaan penggalian (ekskavasi) tahap ketiga situs Kumitir di Mojokerto, Jawa Timur dimulai pada 6 hingga 28 September 2021.
Sumber Antara