Ada Pohon Berusia 100 Tahun di Bojonegoro, Lokasinya Cocok Untuk Mengisi Hari Libur

Sabtu, 12 Maret 2022 – 09:28 WIB
Ada Pohon Berusia 100 Tahun di Bojonegoro, Lokasinya Cocok Untuk Mengisi Hari Libur - JPNN.com Jatim
Pohon Winong diperkirakan berusia di atas 100 tahun yang tumbuh di Sendang (telaga,) Grogolan, Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro. (foto: Desa Ngunut/ngopibareng)

jatim.jpnn.com, BOJONEGORO - Di sumber mata air Dusun Grogolan, Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro terdapat pohon yang menyita perhatian. Para warga menyebutnya dengan nama winang atau Tetrameles Nudiflora.

Tak disangka, pohon yang menjulang tinggi dan besar itu sudah berusia 100 tahun. Bagian bawah batangnya saja memiliki diameter sekitar lima meter. Sebanyak delapan sampai sembilan orang baru bisa memutarinya.

"Lima orang enggak cukup merangkul batang pohon," ujar Kepala Desa Ngunut Suwarno mengutip Ngopibareng.id, Jumat (11/3).

Pohon tersebut diketahui berada di antara tiga sumber mata air Sendang Grogolan, tak jauh dari situ ada makam Grogolan.

"Airnya jernih, sebagian sendang untuk berendam," kata dia.

Suwarno menuturkan, pada saat puncak pandemi pertengahan 2021 lalu, warga Ngunut yang pulang dari luar kota diminta untuk berendam di sendang tersebut lebih dulu baik siang maupun malam.

"Terutama warga yang pulang kampung dari luar kota. Biar virus Covid-19 mati," jelasnya.

Pihaknya bakal mengoptimalkan Sendang Grogolan sebagai salah satu destinasi wisata air. Bahkan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sempat datang ke lokasi melakukan survei potensi alam.

Pohon di sumber mata air Grogolan berusia 100 tahun, cocok untuk berwisata
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News