Sajian Menarik Khas Petani Perbukitan di Desa Taji Malang, Sambal Bakar yang Pedasnya Nampol

Kamis, 10 Maret 2022 – 19:35 WIB
Sajian Menarik Khas Petani Perbukitan di Desa Taji Malang, Sambal Bakar yang Pedasnya Nampol - JPNN.com Jatim
Sambal bakar khas Desa Taji, makanan pelengkap petani perbukitan. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, MALANG - Ada sajian menarik yang bisa dinikmati di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Desa yang terletak di atas bukit itu memiliki kuliner unik dan khas.

Hampir semua ibu rumah tangga di sana setiap paginya menyajikannya sebagai makanan pelengkap khas petani perbukitan, yaitu sambal bakar.

Makanan itu wajib ada bagi warga desa sana menjadi pembuka sebelum beraktivitas pergi ke kebun. Rasanya yang sangat pedas, apalagi dicicipi ketika masih panas membuat penikmat yang awalnya mengantuk menjadi melek.

"Hawanya dingin makannya sambal bakar biar melek juga," ujar Musiati.

Sambal bakar tersebut tampaknya memang terlihat biasa saja. Bahannya pun cukup sederhana, yaitu lombok, daun bawang, bawang merah, garam, dan gula. Cara menyajikannya juga terbilang mudah.

"Dibakar di cobek yang terbuat dari tanah liat dan ditunggu sampai mendidih lalu tinggal disajikan," ucapnya.

Musiati biasa membuat sambal bakar tersebut sebagai pelengkap ketika sarapan. Namun, tak menutup kemungkinan saat makan malam bersama hidangan itu selalu ada.

Sambal bakar tersebut diyakini bisa membuat suasana makan bersama menjadi hangat karena yang awalnya malas bicara menjadi saling bercengkrama.

Desa Taji Malang punya sajian menarik khas petani perbukitan berupa sambal bakar yang pedasnya bikin nampol
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News