Kabar Terbaru Kondisi Bukit Kasangkah Pamekasan yang Longsor Kemarin

Jumat, 11 Maret 2022 – 22:42 WIB
Kabar Terbaru Kondisi Bukit Kasangkah Pamekasan yang Longsor Kemarin - JPNN.com Jatim
Petugas mendatangkan alat berat ekskavator (backhoe) mengevakuasi material longsoran Bukit Kasangkah di Dusun Polai, Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Jumat (11/3/2022). (Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - BPBD Pamekasan mengevakuasi material longsor Bukit Kasangkah di jalur penghubung Kecamatan Pakong dan Kadur yang longsor akibat hujan deras pada Kamis (10/3).

"Semua material longsoran bukit kini telah kami evakuasi. Akses jalur lalu lintas telah bisa dilalui kendaraan roda empat," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat BPBD Pamekasan Budi Cahyono, Jumat (11/3).

Sebelumnya, jenis kendaraan yang bisa melintas di lokasi kejadian hanya roda dua, karena longsoran tebing Bukit Kasangkah menutup lebih dari separuh badan jalan.

Evakuasi material longsoran tebing Bukit Kasangkah itu melibatkan personel gabungan dari unsur polisi, TNI, dan sukarelawan penanggulangan bencana Pamekasan dengan mendatangkan alat backhoe.

Tebing Bukit Kasangkah di Dusun Polai, Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, itu longsor pada Kamis (10/3) setelah terjadi hujan intensitas ringan hingga lebat selama enam jam lebih.

Selain membersihkan material longsoran bukit, tim gabungan juga mengevakuasi pohon tumbang yang tergerus longsoran dan dilanjutkan dengan pembersihan lumpur di jalan raya.

Menurut catatan BPBD Pamekasan, selain musibah tebing longsor Bukit Kasangkah kasus serupa juga terjadi di Desa Sumber Waru, Kecamatan Waru hingga memutus jalur lalu lintas penghubung dengan Kota Pamekasan.

"Namun, yang di Desa Sumber Waru, sudah selesai tadi malam dan dilanjutkan ke Desa Kertagena Daja hari ini," kata Budi Cahyono. (antara/mcr13/jpnn)

Material longsor Bukit Kasangkah Pamekasan telah dievakuasi dan bisa dilalui secara normal.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News