Stafsus Presiden RI Angkie Yudistia Angkat Isu Perempuan di W20, Ini yang Disampaikan

Rabu, 09 Maret 2022 – 23:46 WIB
Stafsus Presiden RI Angkie Yudistia Angkat Isu Perempuan di W20, Ini yang Disampaikan - JPNN.com Jatim
Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Angkie Yudistia ketika mengikuti acara W20 di Kota Batu kemarin. Foto: Source Stafsus Presiden for JPNN

jatim.jpnn.com, BATU - Pelaksanaan International Women 20 (W20) di Kota Batu pada 8 Maret 2021 dihadiri Stafsus Presiden RI Angkie Yudistia. Pada kesempatan itu, dia mengangkat isu perempuan dalam kontribusi UMKM ke depan.

Menurutnya, Indonesia saat ini memiliki lebih dari 65 juta unit UMKM yang berkontribusi terhadap 61 persen perekonomian nasional. Dari jumlah itu, 64 persen di antaranya adalah perempuan.

“Ini menjadi kesempatan besar bagi kita mengkampanyekan kepada dunia mengenai isu ekonomi inklusi bagi pelaku UMKM yang dimiliki oleh perempuan, utamanya perempuan berkebutuhan khusus,” kata Angkie, saat menjadi pembicara di ajang W20.

Angkie mengatakan gerakan sinergi Indonesia inklusi menjadi hal mendasar untuk menuju kesejahteraan. Sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi yang stabil serta pembangunan sosial.

Selama pandemi, UMKM menunjukkan ketangguhannya dengan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan W20 menjadi sarana yang tepat pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia khususnya, dan umumnya di dunia menuju kesejahteraan kaum perempuan,” ujarnya.

Merujuk dari laporan Indikator Kesejahteraan Rakyat Badan Pusat Statistik tahun 2020, penyandang disabilitas cenderung bekerja pada sektor informal dan berwirausaha.

Persentase penyandang disabilitas yang berwirausaha adalah 75 persen dari total penyandang disabilitas usia kerja di atas 15 tahun.

Berikut pernyataan Stafsus Presiden RI di Acara W20 Kota Batu
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News