Pemandangan Tak Sedap di Sungai Kalianak, Sampah dan Popok Bayi Menumpuk, Armuji Kebingungan

Senin, 07 Maret 2022 – 21:36 WIB
Pemandangan Tak Sedap di Sungai Kalianak, Sampah dan Popok Bayi Menumpuk, Armuji Kebingungan - JPNN.com Jatim
Kondisi Sungai Kalianak dipenuhi sampah plastik. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemandangan tak sedap terlihat di Sungai Kalianak, Morokrembangan Surabaya. Tumpukan sampah didominasi plastik dan popok bayi tampak memenuhi kali tersebut.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji kebingungan dari mana asal sampah tersebut. Dia meminta warga juga harus peduli dengan lingkungannya agar tidak menyalahkan pemerintah.

"Ini sampahnya dari mana? warga harus peduli juga dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Kalau nanti banjir Pemkot Surabaya yang disalahkan," ujar Armuji saat meninjau langsung Sungai Kalianak, Surabaya, Senin (7/3).

Menurut Cak Ji sapaan akrab Armuji, tumpukan sampah itu membuat rumah warga di Morokrembangan dan Genting Kalianak selalu tergenang air pada saat hujan deras atau air laut pasang.

Dia bersama petugas Dinas Sumberdaya Air dan Bina Marga Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Krembangan serta tokoh masyarakat menyusuri aliran Sungai Kalianak membelah kampung-kampung itu.

Mantan Ketua DPRD Surabaya itu meminta permukaan Sungai Kalianak dibersihkan secara berkala sembari memikirkan solusi menormalisasi sungai itu agar berfungsi optimal.

"Saya minta semua warga juga harus peduli bahwa ini tanggung jawab bersama. Itu kalau dilihat sampahnya sampai memadat dan bisa dibuat berjalan di atasnya," tuturnya.

Armuji mengatakan Bidang Drainase Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya telah menyiapkan skema guna mengatasi permasalahan banjir maupun genangan saat terjadi hujan deras di Surabaya.

Sampah dan popok bayi yang menumpuk menjadi pemandangan tak sedap di Sungai Kalianak
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News