Respons IPNU Jatim Soal Kebijakan Menag Tentang Pengeras Suara, Mending Begini

Selasa, 01 Maret 2022 – 20:29 WIB
Respons IPNU Jatim Soal Kebijakan Menag Tentang Pengeras Suara, Mending Begini - JPNN.com Jatim
Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur, Muhammad Irfansyah. Foto: Source IPNU Jatim for jpnn

jatim.jpnn.com, MALANG - Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur merespons pernyataan Menteri Agama Yaqut Kholil Qoumas mengenai penggunaan pengeras suara di masjid dan musala yang menjadi polemik belakangan ini.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jatim, Muhammad Irfansyah menilai aturan tersebut harus dilakukan demi kenyamanan, dengan mengedepankan nilai-nilai toleransi.

"Hanya ketidaksukaan sosial saja. Seharusnya, kita yang hidup di Indonesia yang notabene tipologinya adalah masyarakat plural maka harus sadar bersama-sama mengedepankan toleransi," ucap Irfansyah, Selasa (3/1).

Menurutnya, Indonesia adalah negara yang mengedepankan toleransi karena sebagai warga negara yang baik harus saling menghormati, terutama kepada kaum minoritas yang ada di Indonesia.

Selama tak mengorbankan prinsip-prinsip maka sebagai umat mayoritas harus menerima perbedaan tersebut. Daripada memikirkan isu tersebut, ada hal positif lainnya yang bisa dilakukan.

"Seperti meramaikan masjid dan menyukseskan atau menyosialisikan kebijakan dari undang-undang tersebut, agar dapat dipahami masyarakat secara utuh," tutur Irfansyah.

Dia berharap, masyarakat bisa menerima dan mempelajari saling menghargai. Apabila itu tercapai kehidupan yang penuh perbedaan tersebut bisa terjalin dengan baik. (mcr26/jpnn)

Berikut pernyataan Ketua IPNU Jatim tentang pro dan kontra kebijakan Menag

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News