Pengendara di Jatim Siap-siap, 3.879 Polisi Diterjunkan Selama 2 Pekan

Selasa, 01 Maret 2022 – 12:18 WIB
Pengendara di Jatim Siap-siap, 3.879 Polisi Diterjunkan Selama 2 Pekan - JPNN.com Jatim
Irwasda Polda Jatim Kombes Mohamad Aris (tengah) menyampaikan terkait pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2022, Selasa (1/3). Foto. Humas Polda Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polda Jatim melaksanakan Operasi Keselamatan Semeru 2022 pada 1-14 Maret 2022. Selama dua pekan tersebut, ribuan personel akan diterjunkan menertibkan lalu lintas.

Irwasda Polda Jatim Kombes Mohamad Aris menyebut ada 3.879 personel yang diterjunkan dalam kegiatan itu. Operasi akan berlangsung dengan mengedepankan preemtif dan preventif.

"Juga kami lakukan secara humanis dan persuasif untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas. Tentunya tetap menerapkan prokes," ujar Aris saat gelar pasukan, Selasa (1/3).

Pihaknya tetap akan bertindak secara represif terhadap pelanggar yang tak mengenakan helm, melebihi batas kecepatan, dan mengemudikan kendaraan belum pada waktunya.

"Pelanggaran lainnya, yaitu tak memakai sabuk keselamatan, mengemudikan kendaraan dalam kondisi mabuk, bermain ponsel saat berkendara, melawan arus, dan kendaraan kelebihan muatan," jelasnya.

CCTV yang terpasang di jalanan juga akan dimaksimalkan untuk menjaring para pelanggar lalu lintas. Upaya peningkatan modernisasi sistem teknologi informasi itu untuk mendorong inovasi pelayanan publik berbasis IT.

"Hal itu sudah dilakukan Polda Jatim, khususnya Ditlantas yang menggunakan E-TLE maupun INCAR," lanjutnya.

Menurut Aris, upaya itu menjadi penting karena dari hasil anev pelaksanaan operasi keselamatan tahun 2000-2021, baik pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan.

Selama dua pekan, pengendara di Jatim siap-siap dengan ribuan polisi yang diterjunkan dalam Operasi Keselamatan Semeru 2022
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News