Bocah Sidoarjo yang Berkelainan Usus di Luar Tubuh Akhirnya Dapat Penanganan Medis

Selasa, 22 Februari 2022 – 07:25 WIB
Bocah Sidoarjo yang Berkelainan Usus di Luar Tubuh Akhirnya Dapat Penanganan Medis - JPNN.com Jatim
Ahmad Rizal, bocah 5 tahun yang mengalami kelainan usus berada di luar tubuh akhirnya mendapatkan penanganan medis. Foto: Humas Polresta Sidoarjo.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Bocah lima tahun bernama Ahmad Rizal yang menderita Gastroschisis atau usus berada di luar tubuh akhirnya mendapatkan penanganan medis. Dia telah dibawa ke RSUD Sidoarjo menjalani observasi pada Jumat (18/2).

Kadinkes Sidoarjo drg Syaf Satriawarman mengatakan Rizal sudah menjalani serangkaian pemeriksaan oleh dokter anak. Apabila hasilnya baik akan, anak itu segera dirujuk ke RSU dr Soetomo Surabaya.

"BPJS-nya yang menunggak 2,5 tahun juga sudah terselesaikan diubah menjadi PBID (Penerima Bantuan Iuran Daerah)," kata Syaf.

Semua biaya perawatan medis bagi Rizal akan ditanggung pemerintah. Begitu juga dengan SKTM yang sudah diselesaikan.

Operasi terhadap Rizal akan ditentukan oleh dokter yang menanganinya nanti di RSU dr Soetomo.

"Nanti menunggu hasil observasi, apakah benjolan atau usus yang terdorong keluar," jelasnya.

Anak dari pasangan suami istri Ahmad Kurdi (46) dan Eny Sofiah (43) warga Desa Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo itu sempat dirujuk ke RSU dr Soetomo. Namun, dokter belum mengizinkan Rizal dioperasi.

Alasanya karena Rizal masih belum berusia lima tahun pada saat itu. Kemudian, bocah tersebut diwajibkan untuk kontrol ke rumah sakit.

Bocah yang mengalami kelainan usus di luar tubuh akhirnya mendapat penanganan medis. Apabila hasil observasi bagus, anak itu akan dioperasi di RSU dr Soetomo.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News