Atasi Tantrum Pada Anak, Coba Ajarkan Mereka Cara Kenali Kemauan Diri

Minggu, 28 November 2021 – 10:31 WIB
Atasi Tantrum Pada Anak, Coba Ajarkan Mereka Cara Kenali Kemauan Diri - JPNN.com Jatim
Psikologi anak Elisabeth Santoso saat menjadi pembicara pertumbuhan anak di era new normal parent tips talkshow, Sabtu (27/11).(Foto:Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tantrum merupakan kondisi saat balita belum bisa mengungkapkan keinginannya. Dampaknya, anak akan menjadi rewel.

Pakar psikologi anak, Elisabeth Santoso mengungkapkan kondisi tersebut memang wajar terjadi.

“Karena belum banyak mengenal kosakata, balita tidak bisa mengungkapkan,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara talkshow ‘Parentips tentang Pertumbuhan Anak di Era New Normal’, Sabtu (27/11).

Menangani itu, Elisabeth pun mengimbau para orang tua mengajari anak-anak mereka bagaimana cara mengatakan apa yang ingin disampaikan.

“Sebagai contoh, jika anak marah, maka harus diajari cara untuk mengutarakannya, apakah karena tidak suka sesuatu atau lantaran hal lain,” ujarnya.

Dengan cara tersebut, anak-anak yang awalnya hanya bisa teriak-teriak saja, mulai dapat menyampaikannya menjadi sebuah kalimat. Dengan begitu, mereka bisa lebih mengungkapkan apa yang dia mau.

Maka dari itu, dia mengingatkan ketika anak sedang tantrum, jangan langsung memberikan mereka label negatif.

“Ketika kita mencoba menenangkan anak, jangan sekali-sekali pakai kata ‘kamu nakal’. Sebab, nakal itu konotasinya negatif,” katanya. (mcr23/jpnn)

Psikologi anak Elisabeth Santoso beri cara atasi anak tantrum

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News