Lepas Kafilah Peserta MTQ 2021, Bupati Situbondo Punya Pesan Khusus

Selasa, 02 November 2021 – 19:05 WIB
Lepas Kafilah Peserta MTQ 2021, Bupati Situbondo Punya Pesan Khusus - JPNN.com Jatim
Bupati Situbondo Karna Suswandi memberikan sambutan pelepasan peserta MTQ di Pendopo Kabupaten Situbondo. Selasa (2/11/2021) (ANTARA/Novi H)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Bupati Situbondo Karna Suswandi melepas keberangkatan 21 orang rombongan (kafilah) peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Jatim ke-29 yang dilangsungkan di Kabupaten Pamekasan, Madura.

"MTQ adalah festival pemuliaan kitab suci Al-Qur'an, di samping mencari yang terbaik," kata Bung Karna, sapaan bupati, Selasa (2/11).

Menurut dia, lomba membaca Al-Quran tak cuma dituntut menjadi pintar membaca dan menulis, melainkan juga memahami isi kandungan di dalamnya.

Bupati menjelaskan Situbondo merupakan bagian segitiga emas Nahdlatul Ulama (NU) selain Jombang dan Bangkalan.

Salah satu pendiri NU di Situbondo, yaitu Pengasuh Kedua Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Kecamatan Banyuputih.

"Kami mengharapkan para peserta lomba MTQ terus bersemangat mengharumkan nama Situbondo, pesantren, dan kiai pembinanya. Saya optimistis adik-adik mampu meraih prestasi," ujar bupati.

Sebanyak 21 orang peserta lomba baca Al-Qur'an itu berasal dari santri dan santriwati Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo. Mereka pun didampingi beberapa petugas dari Kementerian Agama, Bagian Kesra dan Pesantren.

MTQ adalah bidang lomba membaca Al-Qur'an dengan bacaan yang mengandung nilai ilmu membaca (tajwid), seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca.

Peserta MTQ maupun pendamping menjalani tes cepat antigen sebelum diberangkatkan ke Pamekasan. (antara/mcr13/jpnn)

Bupati Situbondo menyampaikan pesan khusus untuk para peserta MTQ Jawa Timur ke-29.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News