Surabaya Sudah Level 1, Dua Terminal Besar Ini Masih Sepi Penumpang

Senin, 25 Oktober 2021 – 22:56 WIB
Surabaya Sudah Level 1, Dua Terminal Besar Ini Masih Sepi Penumpang - JPNN.com Jatim
Suasana Terminal Purabaya sebelum periode pelarangan mudik oleh pemerintah pada tanggal 6-17 Mei 2021. (ANTARA/ Umarul Faruq)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kendati telah dilakukan sejumlah pelonggaran, jumlah penumpang bus di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo dan Terminal Osowilangun (TOW) masih belum menunjukkan adanya kenaikan signifikan.

Kepala Unit Terminal Purabaya, Imam Hidayat mengungkapkan jumlah penumpang masih berada di kisaran 4.000-an orang.

"Sampai sekarang, belum ada kenaikan. Masih jauh di bawah hari-hari sebelum pandemi COVID-19," kata Imam, Minggu (24/10).

Sebelum pandemi, setiap hari tercatat rata-rata terdapat 28 ribu penumpang, baik untuk keberangkatan maupun kedatangan.

Imam menilai faktor belum meningkatkannya jumlah penumpang dipengaruhi penerapan PPKM level 2 dan 3 di wilayah Jawa-Bali.

Menurut Inmendagri 53/2021, untuk Jawa Timur, ada 5 daerah berlevel 1, yaitu Kota Surabaya, Kota Kediri, Kota Pasuruan, Kota Blitar dan Kota Mojokerto.

"Masih ada yang level PPKM-nya belum turun di tiap daerah. Juga adanya pembatasan jam malam yang masih belum selesai," ujar dia.

Adapun di Terminal Purabaya sendiri sudah terhubung dengan kode QR PeduliLindungi. Imam menerangkan jumlah penumpang juga masih diterapkan di dalam bus.

Kendati telah dilakukan sejumlah pelonggaran, jumlah penumpang bus di dua teminal sekitar Surabaya masih sepi.