Thoriqul Haq Libatkan Warga Desa Cegat Pemudik Nekat ke Lumajang

Senin, 26 April 2021 – 18:50 WIB
Thoriqul Haq Libatkan Warga Desa Cegat Pemudik Nekat ke Lumajang - JPNN.com Jatim
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat memberikan sambutan saat Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Alun-alun Lumajang, Senin (26/4/2021) (ANTARA/ HO - Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Pemkab Lumajang bakal melibatkan warganya dalam satgas keamanan desa (SKD) untuk mencegat kedatangan pemudik saat libur panjang Hari Raya Idulfitri.

"Kami minta SKD betul-betul untuk menjaga desa, bila ada pemudik yang ketahuan datang ke Lumajang segera lakukan tes usap," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Senin (26/4).

Pria yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengatakan aturan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah merupakan upaya menjaga kepentingan umum untuk terhindar dari paparan Covid-19.

Oleh sebab itu, dia meminta aparat gabungan mampu bersikap tegas mencegat pemudik masuk ke Lumajang dengan baik.

"Dinas kesehatan harus siaga, begitu ada pemudik yang terlanjur masuk ke Lumajang harus dilaksanakan tes usap dan segera lakukan antisipasi," tuturnya.

Cak Thoriq juga memberikan instruksi agar seluruh jajaran yang terlibat dalam operasi pengamanan larangan mudik berperan aktif menyampaikan segala informasi terkait mobilitas masyarakat.

Dia berharap dengan adanya SKD mampu menekap kasus Covid-19 yang cenderung meningkat saat libur panjang, khususnya saat Lebaran.

"Saya minta seluruh jajaran agar selalu melaporkan kondisi lapangan kepada pihak berwajib, terutama polsek dan koramil setempat," katanya. (mcr6/antara/jpnn)

Pemkab Lumajang bakal melibatkan warganya dalam satgas keamanan desa (SKD) untuk mencegat kedatangan pemudik saat libur panjang Hari Raya Idulfitri.