Wagub Emil Berharap Pelaku Usaha Penggilingan Padi di Jatim Agar Begini

Senin, 18 Oktober 2021 – 17:42 WIB
Wagub Emil Berharap Pelaku Usaha Penggilingan Padi di Jatim Agar Begini - JPNN.com Jatim
Wagub Emil saat meninjau proses pengolahan beras di Pabrik penggilingan padi Sumofood, Jombang, Jawa Timur. Foto: Humas Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendorong Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jatim meningkatkan kualitas dan mutu produksi lokal.

Bukan tanpa sebab, Emil Dardak menilai Jawa Timur mempunyai lahan sawah terluas di Indonesia. Hasil panen pada 2021 pun diperkirakan lebih tinggi dibanding 2020.

"Rekan Perpadi diharapkan dapat membantu menjawab tantangan di sektor hulu. Tak hanya jumlah produksi, tetapi kualitas dan mutu diupayakan bisa naik juga," kata dia, Senin (18/10).

Wagub juga mengimbau penggilingan padi berkapasitas besar dapat bersinergi dengan yang kecil. Dengan begitu, harga hasil penggilingan nantinya bisa meningkatkan daya saing.

"Ditingkatkan lagi kualitasnya agar memperoleh harga yang lebih kompetitif. Jadi, yang besar tidak mematikan yang kecil," ujar dia.

Menurut Emil Dardak, perusahaan penggilingan padi mampu memberikan dampak bagi kesejahteraan petani. Langkah itu diharapkan bisa menjaga ketahanan pangan di Jatim.

"Seperti di masa pandemi Covid-19 saat ini, kami berharap peran Perpadi dengan kreativitas dan inovasinya bisa disinergikan," tutur mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Ketua Perpadi Jatim Hendra Tanuwijaya menyatakan segera menjalin kemitraan dengan sektor hulu.

"Harapannya, penjualan gabah dengan petani bisa diantisipasi atas jatuhnya harga," ucap Hendra. (mcr12/mcr13/jpnn)

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan harapannya kepada Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News