Terjadi Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Kota Surabaya, Begini Kata BMKG

Selasa, 12 Oktober 2021 – 10:20 WIB
Terjadi Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Kota Surabaya, Begini Kata BMKG - JPNN.com Jatim
Ilustrasi-Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan wilayah Jawa Timir (Jatim) sedang mengalami fenomena kulminasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda Surabaya menyatakan fenomena kulminasi akan terjadi di beberapa wilayah di Jawa Timur, termasuk Kota Surabaya, mulai tanggal 10 sampai 12 Oktober 2021.

Kulminasi merupakan fenomena alam ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Imbasnya, bayangan benda tegak akan menghilang atau tidak terlihat. Bayangan tersebut menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Kulminasi ini dikenal sebagai hari tanpa bayangan. Dilansir dari akun Instagram resmi BMKG Juanda, kulminasi atau hari tanpa bayangan akan terjadi hari ini, 12 Oktober 2021, di KOta Pahlawan.

Meski begitu, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto menyatakan fenomena kulminasi di Jatim cenderung ringan.

"Namun, suhu udara tetap akan terasa relatif semakin panas pada tengah hari. Kelembapan udara juga diprakirakan akan menurun," ujar Teguh, di Surabaya, Senin (11/10).

Oleh karenanya, Teguh mengimbau masyarakat untuk tetap siaga hingga waspada bila terjadi cuaca ekstrem sewaktu-waktu.

"Warga juga jangan sampai termakan berita bohong terkait cuaca. Sebaiknya jika dapat infomeasi langsung cek ke portal resmi BMKG," tandasnya. (antara/mcr17/jpnn)

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Juanda Surabaya menyatakan fenomena kulminasi atau hari tanpa bayangan di Surabaya..

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News