BMKG Imbau Warga Kabupaten Blitar Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir Siang Hari

Rabu, 22 September 2021 – 08:25 WIB
BMKG Imbau Warga Kabupaten Blitar Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir Siang Hari - JPNN.com Jatim
Ilustrasi-BMKG Himbau Warga Kabupaten Blitar Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir Siang Hari. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

jatim.jpnn.com, BLITAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi (BMKG) menghimbau sejumlah wilayah di Jawa Timur agar mewaspadai hujan berintensitas sedang hingga lebat dengan disertai petir dan angin kencang.

Adapun wilayah yang akan alami hujan lebat adalah Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo. Kondisi cuaca buruk itu diperkirakan akan terjadi siang hingga malam hari.

Sementara untuk beberapa wilayah Jatim lainnya diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas ringan pada siang hari lalu saat malam hari intensitas hujan akan berangsur menurun atau cerah.Daerah tersebut di antaranya Bangkalan, Batu, Kabupaten Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Blitar. Suhu di masing-masing wilayah tersebut rata-rata adalah 15-32 derajat Celsius.

Lalu untuk wilayah dengan cuaca cerah berawan akan terjadi di Bondowoso, Gresik, Jember, Kabupaten Pasuruan, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Lamongan, Magetan, Pacitan, Pamekasan, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep dan Surabaya.

Kemudian tiga wilayah dengan cuaca berawan sedang maupun tebal yakni, Ngawi, bojonegoro dan Jombang. Hanya ada dua wilayah di Jatim yang mengalami cuaca cerah yaitu Banyuwangi dan Tuban.

Sementara pada malam hari rata-rata wilayah Jatim akan mengalami cuaca cerah dengan suhu berkisar di 21-33 derajat celsius. (mcr17/jpnn)

BMKG mengimbau sejumlah wilayah di Jawa Timur agar mewaspadai hujan dengan intensitas lebat dengan disertai petir dan angin kencang.