Baru Dibuka, Pendakian Arjuno Welirang Ditutup Kembali

Rabu, 06 Oktober 2021 – 19:30 WIB
Baru Dibuka, Pendakian Arjuno Welirang Ditutup Kembali - JPNN.com Jatim
Foto arsip. Gunung Arjuno dilihat dari wilayah Kota Malang, Jawa Timur. ANTARA/Vicki Febrianto

jatim.jpnn.com, MALANG - Pendakian Gunung Arjuno Welirang di wilayah Jawa Timur kembali ditutup usai sebelumnya dibuka di dua pintu masuk, yaitu jalur Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, dan Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi menuturkan keputusan penutupan kembali pendakian Arjuno Welirang itu lantaran di wilayah Kabupaten Pasuruan saat ini menerapkan PPKM level 3.

"Kabupaten Pasuruan berada pada level 3 PPKM dan kegiatan wisata tidak diizinkan. Maka, pendakian Arjuno Welirang ditutup," kata Wahyudi, Rabu (6/10).

Sebenarnya pendakian itu baru saja dibuka pada 19 September lalu, namun lataran status Kabupaten Pasuruan itu membuat kembali ditutup terhitung sejak 5 Oktober 2021 hingga waktu yang belum ditentukan.

Penutupan tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 47/2021.

Penutupan itu tertuang pula dalam pengumuman yang dikeluarkan oleh UPT Tahura Raden Soerjo Nomor 522/685/123.7/2021 tentang Penutupan Kegiatan Pendakian Gunung Arjuno Welirang Melalui Jalur Tretes, dan Tambaksari.

"Kegiatan pendakian Gunung Arjuno Welirang bakal dibuka kembali dengan memperhatikan instruksi pemerintah selanjutnya," ujar dia.

Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan.

Kendati baru dibuka pertengahan September lalu, pendakian Gunung Arjuno Welirang ditutup kembali.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News