Digitalisasi Adminduk, Pemkot Kediri Prioritaskan Akta Kelahiran

Minggu, 26 September 2021 – 08:00 WIB
Digitalisasi Adminduk, Pemkot Kediri Prioritaskan Akta Kelahiran - JPNN.com Jatim
Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri, Jawa Timur, mengurus berkas warga. ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Program digitalisasi mulai dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kediri.

Kepala Dispendukcapil Kota Kediri Syamsul Bahri mengutarakan program digitalisasi dilakukan guna mengamankan arsip administrasi kependudukan (adminduk).

"Pertama-tama, kami mengutamakan untuk digitalisasi akta kelahiran," kata Syamsul, Sabtu (25/9).

Dia memaparkan program digitalisasi merupakan salah satu bentuk inovasi dari Pemkot Kediri. Inovasi itu diluncurkan seiring dengan perkembangan zaman dan kemudahan teknologi yang ditawarkan.

Selain itu, Syamsul menilai program tersebut dapat memudahkan dan mempercepat pencarian arsip.

Dia mencontohkan ketika ada penduduk yang hendak mengurus kutipan kedua akta kelahiran karena hilang atau rusak. Petugas dispendukcapil mesti melihat arsipnya dahulu.

"Kalau sudah digital nanti akan lebih mudah, cepat, dan efisien. Jadi, selain kami punya arsip fisiknya, ada bentuk digitalnya dan itu juga nge-link dengan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan)," ujar Syamsul.

Dia menerangkan digitalisasi adminduk itu diawali dengan angka tahun 2016 ke bawah. Pendataan harus segera dilakukan sehingga mempercepat proses input agar yang lainnya bisa segera ditangani.

Pemkot Kediri mulai menerapkan digitalisasi terhadap seluruh adminduk di daerahnya, termasuk akta kelahiran.
Sumber Antara