Hati-hati Warga Tulungagung, Ada Pedagang Jualan Takjil Mengandung Formalin

Sabtu, 17 April 2021 – 14:16 WIB
Hati-hati Warga Tulungagung, Ada Pedagang Jualan Takjil Mengandung Formalin - JPNN.com Jatim
Petugas melakukan pengujian kandungan zat kimia dalam sampel panganan/jajanan yang dimasukkan dalam tabung tester berisi cairan pelarut untuk mendeteksi zat tertentu di Jepun, Tulungagung, Jumat (16/4/2021). ANTARA/HO-Dinkes Tulunggagung

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Dinas Kesehatan Tulungagung, Jawa Timur, menemukan makanan mengandung formalin saat menggelar razia ke sejumlah sentra penjualan takjil selama Ramadan, Jumat (16/4).

Sidak dilakukan di beberapa lokasi dengan mengambil 31 acak sejumlah produk pangan rumahan siap saji.

"Kandungan yang ditemukan ada yang berupa zat formalin, boraks, dan rodhamin B," terang Kasi Perbekalan dan Kefarmasian Dinkes Tulungagung, Masduki, Sabtu (17/4).

Baca Juga: Polisi dan TNI di Kediri Disebar ke Sejumlah Masjid, Ada Apa?

Razia dilakukan di empat titik sentra penjualan takjil di seputar Kota Tulungagung, yakni di Desa Ketanon, Gendingan, Ringinpitu, dan di jalan raya Kelurahan Kepatihan.

Sejumlah sampel yang telah terkumpul lalu diteliti menggunakan tester tabung penguji yang diberi pelarut untuk memeriksa kandungan zat aditif dalam makanan tersebut.

"Itu bahan berbahaya dan tidak boleh ditambahkan dalam makanan,” ujarnya.

Baca Juga: Geger Dugaan Bom di Royal Plaza Surabaya, Pemilik Tas Akhirnya Ketemu

Dinas Kesehatan Tulungagung, Jawa Timur, menemukan makanan mengandung formalin saat menggelar razia ke sejumlah sentra penjualan takjil selama Ramadan.