Sujana: Jawa Timur Jadi Barometer Dangdut Koplo

Sabtu, 17 April 2021 – 13:20 WIB
Sujana: Jawa Timur Jadi Barometer Dangdut Koplo - JPNN.com Jatim
Direktur Positif Art Sujana, Foto: Dok Sujana

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Direktur Positif Art Sujana mengatakan bahwa Jawa Timur masih jadi barometer musik dangdut koplo di Indonesia.

Bukan sekadar merajai dangdut koplo, Sujana juga menyebut artis dari Jawa Timur punya kencederungan mendominasi sejumlah genre musik yang pernah populer di Tanah Air.

"Era 90-an saat musik rock merajai peta musik tanah air, kiblatnya Surabaya. Sekarang bergeser dangdut koplo dan kiblatnya tetap Jawa Timur. hanya bergeser selera saja dari rock ke dangdut koplo," kata Sujana saat dihubungu JPNN.com, Jumat (16/4).

Baca Juga: Puluhan Pelanggar Lalu Lintas di Tulungagung Terekam Kamera Tilang Elektronik

Sujana menyebut sejumlah nama tenar dari Jatim yang mendominasi genre dangdut koplo seperti Via Vallen, Nella Kharisma, dan Cak Sodiq OM New Monata.

"Pada akhirnya, mereka bersaing antar mereka sendiri, daerah lain tidak melahirkan penyanyi kuat di jalur dangdut. Sejak Didi Kempot meninggal, Jawa Tengah tidak melahir artis besar lagi," ujar Sujana.

Pria yang akrab disapa Om Jan itu menilai peran TV Nasional masih sangat penting melahirkan artis baru di jalur industri musik tanah air, baik lewat konser atau ajang kompetisi.

Baca Juga: Geger Dugaan Bom di Royal Plaza Surabaya, Pemilik Tas Akhirnya Ketemu

Pakar pencari bakat mengatakan bahwa Jawa Timur masih jadi barometer musik dangdut koplo di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News