BMKG: Wilayah Jatim akan Dilanda Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Rabu, 15 September 2021 – 10:50 WIB
BMKG: Wilayah Jatim akan Dilanda Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - BMKG meminta seluruh warga Jatim mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang. (Antara/JPNN)

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta seluruh warga Jawa Timur agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang pada Rabu.

Informasi tersebut berdasakan pada laman www.bmkg.go.id yang mengungkapkan situasi Jawa Timur akan diguyur hujan deras dengan angin kencang.

Selain Jawa Timur beberapa wilayah lain yang akan alami hal serupa adalah wilayah Jambi, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Satu hari sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Selasa, menjelaskan adanya potensi tanah longsor dan banjir di daerah Jatim berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak (IBF-Impact Based Forecast) untuk tanggal 15 September 2021.

BMKG juga menetapkan siaga potensi banjir khusus untuk wilayah Jawa Timur dan Jawa tengah. Diprakirakan cuaca di dua wilayah tersebut pada 12-14 Septermber 2021 akan terjadi hujan lebat dengan voume air di atas 50 milimeter (mm) per hari.

Sementara itu, untuk situasi kota-kota besar di Indonesia, suhu rata-rata berkisar antara 20 hingga 34 derajat celsius dengan tingkat kelembapan bervariatif antara 55 hingga 100 persen. (antara/mcr17/jpnn)

 
Sumber Antara