Di Masa Depan Jember akan Jadi Pusat Budi Daya Ikan Tawar di Indonesia

Senin, 20 September 2021 – 19:55 WIB
Di Masa Depan Jember akan Jadi Pusat Budi Daya Ikan Tawar di Indonesia - JPNN.com Jatim
Foto dok. Bupati Jember Hendy Siswanto (dua kiri) memegang ikan gurami hasil budidaya warga di Kampung Gurami di Dusun Jatisongo, Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Sabtu (18/9/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Kabupaten Jember akan menjadi pusat penghasil ikan tawar di Indonesia. Begitu mimpi dan target dari Bupati Jember Hendy Siswanto dalam mendesain wilayah yang dipimpinnya ke depan.

"Ini mimpi besar saya, Jember akan jadi sentra penghasil ikan terbesar nasional. Kami berencana membentuk 1500 rumah pembudidaya ikan per satu kampung," jelas Hendy di Jember, Senin.

Sebelumnya, Hendy telah meresmikan kampung ikan gurami di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari pada Sabtu (18/9). Menurutnya, desa tersebut akan menjadi pemicu desa-desa lainnya di Kabupaten Jember.

"Kami akan selalu mendukung dan memfasilitasi pembudidayaan ikan di Jember. Ikan ini sangat bermanfaat. Selain nanti sebagai usaha warga, ikan juga akan memenuhi gizi anak-anak di Jember sehingga terhindar dari stunting," jelas dia. 

Hendy mendorong Desa Tegalwangi bisa berkembang menjadi desa wisata termasuk wisata edukasi budidaya ikan gurami agar bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Terkait hal itu, Kepala Desa Tegalwangi Andi Budi W. mengungkapkan warga di desanya mulai budi daya ikan gurami sejak beberapa tahun dan akan terus dkembangkan.

"Harapannya, Kampung Gurami terus berkembang dan semoga bisa jadi wisata kuliner yang maju," tandasnya. (antara/mcr17/jpnn)

Kabupaten Jember akan menjadi pusat penghasil ikan tawar di Indonesia. Begitu mimpi dan target dari Bupati Jember Hendy Siswanto di masa depan..
Sumber Antara