Pilkada Digelar 2024, Tulungagung Mulai Sisihkan Anggaran, Bupati Bilang ..

Rabu, 15 September 2021 – 13:00 WIB
Pilkada Digelar 2024, Tulungagung Mulai Sisihkan Anggaran, Bupati Bilang .. - JPNN.com Jatim
ILUSTRASI - Pemkab Tulungagung mulai mempersiapkan anggaran pilkada 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Pemkab Tulungagung bersama DPRD setempat kompak mulai menyiapkan anggaran penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

"Anggaran pilkada 2024 diperkirakan sangat besar sehingga mesti dipersiapkan dari sekarang," kata Wakil Komisi C DPRD Kabupaten Tulungagung, Asrori, Selasa (14/9).

Dia menjelaskan Pilkada Tulungagung 2018 menghabiskan dana hingga Rp 60 miliar lebih. Oleh karena itu, pada pesta demokrasi serupa 2024 nanti tidak boleh kurang dari jumlah tersebut, bahkan diyakini lebih besar.

Asrori mengatakan perkiraan sementara mencapai Rp 85 miliar. Jumlah itu dihitung berdasar estimasi kenaikan harga biaya jasa, pengadaan barang, serta belanja rutin untuk honor panitia pemilihan, dan sebagainya.

Anggaran sebesar itu pun muncul setelah DPRD melakukan perbandingan dengan daerah lain yang baru menggelar pilkada dan disinkronkan dengan jumlah pemilih di Tulungagung.

"Kami melihatnya perbandingan dengan daerah lain dan jumlah pemilih saat digelarnya pilkada pada 2024,” ujar dia.

Dengan besarnya anggaran itu, Asrori menyebut Pemkab Tulungagung harus mulai menyisihkan anggaran pilkada sejak 2021 ini.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengonfirmasi keputusan untuk menyisihkan anggaran pilkada, meski pelaksanaannya masih tiga tahun lagi.

Sumber Antara