Dibangun 1990-an, Jembatan Besar Karangrejo Tulungagung Mulai Diperbaiki

Selasa, 14 September 2021 – 23:40 WIB
Dibangun 1990-an, Jembatan Besar Karangrejo Tulungagung Mulai Diperbaiki - JPNN.com Jatim
Pekerja memecah lapisan aspal pada area badan jembatan yang rusak di Jembatan Karangrejo, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (10/9/2021). Antara Foto/Destyan Sujarwoko

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Pemkab Tulungagung, Jawa Timur akhirnya mulai memperbaiki jembatan besar Karangrejo dengan konstruksi rangka baja yang dibangun awal 1990-an.

Jembatan besar tersebut merupakan jalur alternatif di jalan lingkar kota daerah itu.

Perbaikan dimulai dengan memperkuat fondasi beton di tapak salah satu ujung jembatan sejak Jumat (10/9).

Adapun rehabilitasi kini difokuskan pada setengah badan jembatan yang lapisan aspal melesak turun akibat dasaran betonnya sebagian rontok terdampak getaran lalu-lalang kendaraan besar di atasnya selama bertahun-tahun.

“Selain sudah tua, kondisi jembatan juga sudah rusak 50 persen,” kata Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Tulungagung, Robinson Nadeak, Selasa (14/9).

Sebelum dibongkar, badan jalan yang melesak itu sebenarnya sudah ditambal menggunakan plat besi.

Namun, karena jembatan Karangrejo selama ini menjadi jalur lalu lintas kendaraan bertonase besar, badan jalan yang melesak kian lebar bahkan alas jembatan mulai rontok ke dasar sungai.

Kerusakan besar itu bisa dilihat secara sekilas dari atas badan jalan jembatan yang ambles maupun dari bawah jembatan di mana alas beton yang mendasari badan jalan jembatan sebagian rontok sehingga meninggalkan jejak rongga.

Sumber Antara