Warga Jatim, Bioskop Sudah Buka, Begini Syarat Masuknya

Selasa, 14 September 2021 – 11:32 WIB
Warga Jatim, Bioskop Sudah Buka, Begini Syarat Masuknya - JPNN.com Jatim
Sarana menonton film layar lebar atau bioskop diperbolehkan buka per hari ini, Selasa (14/9). Foto: Antara

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sarana menonton film layar lebar atau bioskop diperbolehkan buka per hari ini, Selasa (14/9) menyusul pengumuman Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (13/9) malam.

"Minggu ini bioskop diperbolehkan buka dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan level 2. Tapi tentu dengan beberapa penyesuaian dan juga pengetatan terkait protokol kesehatan," ujar Luhut.

Terkait persyaratan, ada empat persyaratan yang diberikan oleh pemerintah, diantaranyabioskop boleh beroperasi di wilayah-wilayah dengan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dan 2.

Selain itu, musti menggunakan aplikasi PeduliLindungi, yang boleh masuk adalah orang dengan kategori hijau menurut aplikasi atau telah vaksinasi lengkap, dan disertai penerapan protokol kesehatan ketat.

"Jadi harus dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan yang ketat, dan orang yang berkategori hijau yang masuk area bioskop," tegas Luhut.

Pembukaan bioskop tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno maupun para pelaku film
seperti Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI).

Sandiaga berharap pembukaan bisokop tersebut bisa kembali membangkitkan industri perfilman nasional.

Sementara itu Ketua GPBSI Djonny Syafruddin mengatakan pihaknya sudah siap menyambut pembukaan dengan beberapa persiapan yang dilakukan seperti penerapan protokol kesehatan di dalam ruangan bioskop bagi penonton.

Sumber Antara