Warga Jatim Sebaiknya Terus Waspada, Karena BMKG Juanda Bilang Begini

Jumat, 05 November 2021 – 10:48 WIB
Warga Jatim Sebaiknya Terus Waspada, Karena BMKG Juanda Bilang Begini - JPNN.com Jatim
Pantauan cuaca BMKG Juanda (ANTARA/HO BMKG)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksikan jika sebagian wilayah di Jawa Timur berpotensi terjadi hujan deras pada siang dan sore hari.

Koordinator bidang data dan informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, Jumat (5/11) menerangkan dari pantauan satelit hari ini beberapa daerah di Jawa Timur berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti angin kencang.

"Warga Jatim harus waspada terhadap hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang," jelasnya.

Teguh mengatakan pada pagi hari wilayah Jatim memang akan cerah hingga hujan ringan, tetapi pada siang dan sorenya, hujan ringan sampai sedang, dan hujan lebat disertai petir akan terjadi.

"Tingginya curah hujan ini sangat memungkinkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor atau juga bencana hidrometeorologi lainnya," tegasnya.

Teguh menambahkan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan beberapa pihak di masing-masing kabupaten kota.

Adapun wilayah yang diprediksi alami hujan disertai dengan angin kencang pada siang dan sore hari adalah wilayah Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan.

Selain itu, di Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso. (antara/mcr17/jpnn)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengimbau warga Jatim untuk terus waspada
Sumber Antara