Waspada! BMKG: Jawa Timur Siaga Potensi Banjir

Senin, 13 September 2021 – 09:12 WIB
Waspada! BMKG: Jawa Timur Siaga Potensi Banjir - JPNN.com Jatim
Ilustrasi BMKG- BMKG menetapkan siaga potensi banjir khusus untuk Jawa Timur dan Jawa Tengah. Diprakirakan 2 wilayah itu akan mengalami hujan lebat di atas 50 mm per hari. Foto Ricardo/jpnn.com

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan siaga potensi banjir khusus untuk wilayah Jawa Timur dan Jawa tengah. Diprakirakan dua wilayah itu akan mengalami hujan lebat di atas 50 milimeter (mm) per hari.

Hal tersebut berdasarkan pada prakiraan cuaca untuk 12-14 Septermber 2021 yang diunggah BMKG di akun resmi Twitternya, Minggu (12/9) malam.

Selain dua wilayah Jawa tersebut hujan lebat dengan kapasitas 50 mm per hari juga akan mengguyur 21 provinsi lainnya yakni Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua pada Senin, 13 September 2021.

Selain itu, potensi hujan disertai kilat juga dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Sementara untuk angin kecang yang berkecepatan 45 kilometer (km) per jam, BMKG juga memprakirakan wilayah di Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan.

Khusus untuk wilayah Nusa Tenggara Timur, BMKG memprakirakan di sana berpotensi kebakaran hutan dan lahan. (antara/mcr17/jpnn)

BMKG menetapkan siaga potensi banjir khusus untuk Jawa Timur dan Jawa Tengah. Diprakirakan 2 wilayah itu akan mengalami hujan lebat di atas 50 mm per hari.

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News