Waspada! BMKG : Gelombang Perairan Selatan Jatim akan Naik 6 Meter Lebih

Rabu, 11 Agustus 2021 – 14:40 WIB
Waspada! BMKG : Gelombang Perairan Selatan Jatim akan Naik 6 Meter Lebih  - JPNN.com Jatim
Ilustrasi BMKG sampaikan prakiraan cuaca di Jabodetabek. Foto Ricardo/jpnn.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Timur tanggal 11 sampai 12 Agustus.

Gelombang tersebut diperkirakan akan lebih dari 6 meter. Oleh karenanya, BMKG lebih dini memperingatkan kepada seluruh masyarakat, terutama kepada nelayan dan para pelayar.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengingatkan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

"Kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2, 5 meter, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter. Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada," ujarnya.

Selain di pantai selatan Jawa Timur, Eko menyebutkan potensi gelombang tinggi juga akan terjadi di perairan timur Enggano, perairan selatan Banten, dan juga di Samudera Hindia barat Bengkulu.

Ia menjelaskan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur - selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 30 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, dan perairan selatan Banten," katanya.

Lalu untuk gelombang, Eko memaparkan gelombang antara 1,25 meter sampai dengan 2,5 meter, di antaranya berpeluang terjadi di perairan timur Kepulauan Nias hingga Mentawai, Selat Sumba bagian timur, Selat Ombai, perairan selatan Kepulauan Anambas, perairan timur Bintan-Lingga, perairan Belitung-Selat Gelasa.

BMKG memperingatkan adanya gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Timur
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News